Rabu, 26 Juli 2017

RAGAM DAN KLASIFIKASI MEDIA


            Media pada dasarnya dapat dimaknai sebagai sesuatu yang membawa pesan dan informasi antara pengirim dan penerima. Pengunaan media dalam aktivitas pembelajaran dapat dilakukan baik secara individu maupun kelompok.
            Setiap jenis media memiliki kemampuan dan karakteristik atau fitur spesifik yang dapat digunakan untuk keperluan yang spesifik pula. Fitur-fitur spesifik yang dimiliki oleh sebuah media pembelajaran membedakan media tersebut dengan jenis media yang lain.
Kemp (1986) mengemukakan beberapa fitur yang juga merupakan karakteristik dari media yaitu.
 Faktor presentasi atau kemampuan dalam menyajikan gambar.
 Faktor ukuran (size); besar atau kecil
 Faktor warna (color): hitam putih atau berwarna
 Faktor gerak - diam atau bergerak
 Faktor bahasa - tertulis atau lisan
 Faktor keterkaitan antara gambar dan suara - gambar saja, suara saja atau gabungan antara gambar dan suara.
            Semua fitur tersebut dapat membedakan antara medium yang satu dengan medium yang lain. Medium kaset audio (audio cassette) dapat dibedakan dari medium video, karena faktor kemampuan dalam menyajikan unsur gambar. Medium kaset audio hanya dapat menampilkan unsur suara saja. Medium video memiliki kemampuan dalam menampilkan unsur suara dan unsur gambar yang bergerak secara bersamaan (simultan). Sedangkan Media komputer jaringa memiliki kemampuan lain yaitu potensi untuk digunakan sebagai media yang bersifat interaktif.
            Beragam media dapat digunakan untuk mendukung aktivitas pembelajaran yang efektif, efisien, dan menarik. Untuk memudahkan dalam memilih dan menggunakannya ragam media tersebut kerap diklasifikasikan dalam beberapa klasifikasi.
Kemp dan Dayton (1985) mengemukakan klasifikasi jenis media sebagai berikut:
(1) media cetak
(2) media yang dipamerkan (displayed media)
(3) overhead transparency (OHP)
(4) rekaman suara
(5) slide suara dan film strip
(6) presentasi multi gambar
(7) video dan film
(8) pembelajaran berbasis komputer (computer based instruction).
            Karena perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berlangsung pesat beberapa jenis media seperti OHP, Slide suara, dan presentasi multi gambar sudah digantikan oleh teknologi media yang lebih canggih yaitu komputer multimedia dan jaringan. Penggunaan OHP digantikan dengan perangkat lunak computer yang penggunaannya diproyeksikan dengan LCD.
            Heinich dan kawan-kawan (2005) mengemukakan beberapa jenis media pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru, instruktur, dan perancang ptogram pembelajaran yaitu:
(1) media cetak/teks
(2) media pameran/display
(3) media audio
(4) gambar bergerak/motion pictures
(5) multimedia

(5) media berbasis web atau internet. 

(Sumber : Pribadi. B. A. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Dian Rakyat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar