Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan guru untuk menyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses pembelajaran.
Menurut Gagne :” berbagai jenis komponen dalam lingkungan peserta didik yang dapat merangsang mereka untuk belajar.” Sedangkan menurut Heinich dan Russel : “Sebuah saluran untuk komunikasi yang berasal dari bahasa latin yang berarti “antara” yang digunakan untuk menyalurkan informasi antara guru dan peserta didik.”
Adapun pembagian media pembelajaran dibagi menjadi :
- Menurut jenisnya, meliputi : audio, visual, dan audiovisual.
- Menurut daya liputnya, meliputi : luas dan serentak, terbatas dalam ruang dan waktu, untuk individual.
- Bahan dan pembuatannya, meliputi : media sederhana, media kompleks.
- Objektivitas
- Program pengajaran
- Sasaran program (siswa)
- Situasi dan kondisi
- Kualitas teknik
- Keefektifan dan efisiensi penggunaan
- Topik menarik bagi siswa
- Materi dalam media penting bagi siswa
- Relevan dengan kurikulum yang berlaku
- Materinya autentik dan faktual
- Fakta atau konsepnya benar
- Format sistematis dan logis
- Objektif berorientasi kepada kebutuhan siswa
- Narasi, gambar, efek, warna dan sebagainya memenuhi syarat kualitas
- Bahasa, ilustrasi, simbol komunikatif
- Sudah teruji daya dukungnya
- Mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki oleh siswa
- Memungkinkan adanya interaksi langsung antara siswa dengan lingkungannya
- Menanamkan konsep dasar yang benar, konkret, dan realistis
- Membangkitkan motivasi dan keinginan serta minat bagi siswa untuk belajar
sumber : https://ibnufajar75.wordpress.com/2012/10/11/cara-memilih-media-pembelajaran-yang-tepat/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar